Kamis, 02 Januari 2014

Jual Kelapa Membuahkan Hasil

Km Sambang Kampung-  Lombok Timur merupakan salah satu penghasil kelapa di Nusa tenggara Barat. Dimana potensi perkebunan kelapa 25.579,39 Ha. Yang telah dimanfaatkan 12.663,09 Ha. dan sisa potensi  12.916,30 Ha. selain banyak perusahaan yang telah masuk di daerah ini untuk mencari komoditas kelapa masyarakat juga banyak yang telah memanfaatkan kelapa sebagai bisnisnya. Adapun yang dilakukan oleh masyarakat adalah dengan membuat open kelapa di Desa Tanjung dan Korleko Kecamatan Labuhan Haji untuk dikirim ke pulau Jawa, ada juga yang menjual kelapa secara eceran di pasar.
Harga jual kelapa dipasar sekarang ini masih normal yaitu Rp 3000 per-buah. Menurut alah seorang pedagan kelapa eceran Amak Ema mengatakan bahwa saat ini harga kelapa kita terima dipinggir jalan seharga 2.500 per buah biasanya kita membeli dengan cara setiap 500 buah kelapa kita beli dengan harga Rp 200.000.- oleh sebab itu kita harus menjual banyak kelapa untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Buah kelapa selain dijual isinya,  bisa juga menjual serabut dan tempurungnya. Satu truk serabut kelapa dijual seharga Rp250.000.- serabut dan tempurung ini akan dipergunakan untuk membakar bata merah dan tempurung nya dapat dipergunakan sebagai arang. Buah kelapa saat ini memang harganya masih normal sehingga sangat laku untuk dijual sehingga inilah yang menjadi peluang bagi Amak Ema yang sehari-harinya mencari pemilik kebun yang akan menjual buah kelapanya.
Setiap hari Amak Ema dapat menjual kelapasebanyak 1000 buah sehingga keuntungannya dipergunakan untuk menambah modal dan dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari bahkan dapat membiayai anaknya sampai menjadi sarjana. Beberapa bulan yang lalu anak pertamanya telah diwisuda di STKIP Hamzan Wadhi Pancor Jurusan Geografi. Inilah hasil jerih payah yang telah dilakukan sehingga membuahkan hasil. (Uyik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar