Minggu, 02 Februari 2014

Musrembangdes Desa Teros



KM Sambang Kampung- Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) adalah forum musyawarah tahunan yang dilaksanakan secara partisipatif oleh para pemangku kepentingan Desa (pihak berkepentingan untuk mengatasi permasalahan Desa dan pihak yang akan terkena dampak hasil musyawarah) untuk menyepakati rencana kegiatan di Desa. Mengingat pentingnya Musrenbang ini maka seluruh pemangku kepentingan di Desa Teros hadir untuk menyusun rencana pembangunan demi kepentingan masyarakat. Komponen masyarakat desa Teros yang hadir pada Musrembang yang ini adalah pemerintah desa Teros, BPD, Tokoh agama, tokoh masyarakat, unsur  pemuda, seluruh Kadus, BUMDES dan perwakilan dari BPMPD Lombok Timur.

Musrembang ini dilaksanakan pada Hari Sabtu (1/2) dibuka langsung oleh Kepala Desa Teros Suhardi. Dalam arahannya Kepala Desa Teros menyampaikan bahwa” dalam Musrembangdes ini harus betul-betul menghasilkan perencanaan yang sesuai dengan kondisi desa, kondisi masyarakat, kondisi keuangan sehingga rencana tersebut terukur, dapat dicapai dan semua permasalahan di desa mampu diselesaikan dengan baik”. Program yang belum selesai akan dilanjutkan untuk tahun ini sehingga seluruh program yang sudah direncanakan dapat dituntataskan dan mencapai target.
Setelah melalui pembahasan yang sangat alot dan memperhatikan kepentingan yang sangat mendesak maka di susunlah daftar proritas yang akan diusulkan ketingkat yang lebih atas  yaitu melanjutkan penyelesaian jalan desa Teros tembus ke desa Kelayu, pembangunan Pos Ronda dan siskamling, rabat gang, dan kegiatan pemberdayaan masyarakat.
Hasil dari Musrenbangdes ini akan diajukan ke Kecamatan untuk dibahas lebih lanjut, masyarakat sangat berharap hasil Musrenbang ini mendapat respon  yang baik ditingkat kecamatan sehingga diajukan ke tingkat Kabupaten untuk ditetapkan sebagai program pembangunan di Desa Teros. Program yang diajukan melalui Musrenbangdes ini memang kebutuhan yang mendesak didesa Teros sehingga perhatian dari pihak kecamatan dan kabupaten sangat diharapkan demi terwujudnya infrastruktur yang lebih baik di desa ini.(Uyik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar