Senin, 30 Desember 2013

Perpustakaan Desa yang Miskin Pembaca

Km Sambang Kampung- Perpustakaan yang semestinya sebagai tempat Koleksi buku, majalah dan bahan kepustakaan lainnya yang disimpan untuk dibaca, dipelajari, dan dibicarakan. Ditempat inilah diharapkan akan tumbuh generasi-generasi cerdas yang akan menjadi generasi penerus dimasa yang akan datang. Pemerintah desa Teros Kecamatan Labuhan Haji memberikan satu tempat atau bangunan yang cukup untuk dijadikan sebagai perpustakaan. Perpustakaan tersebut dihajatkan sebagai  tempat masyarakat untuk mencari berbagai ilmu dan pengetahuan.

Gedung atau ruangan yang disediakan untuk pemeliharaan dan pengunaan koleksi buku dan sebagainya ini ternyata sepi dari pengunjung, sehingga ruangan ini terlihat sangat kumuh dan berdebu. Buku-buku yang dikoleksi diperpustakaan ini sangat beragam diataranya buku pelajaran untuk siswa SD, SMP dan SMA, buku pertanian, ekonomi, social budaya, filsafat dan buku tentang teknologi.
Menurut pengelola perpustakaan Desa Teros ini Sunardi, S.E mengatakan bahwa pada awal berdirinya yaitu pada bulan Februari 2013 perpustakaan ini pengunjungnya sangat banyak bahkan perpustakaan ini buka sampai sore hari, diperpustakaan ini juga dulu disediakan fasilitas internet sehingga masyarakat dapat mengakses informasi yang dibutuhkan. Setelah berjalan sekitar tiga bulan perpustakaan inipun mulai ditinggalkan hal ini disebabkan karena tidak ada lagi tambahan koleksi buku dan jaringan internetnya juga sudah rusak.
Selanjutnya Sunardi, S.E juga mengatakan bahwa sekarang ruangan ini dijadikan tempat beraktifitas Karang Taruna dimana setiap ada kegitan desa semua panitia kegiatan berkumpul diruangan ini. Meskipun demikian kami berharap bahwa fungsi perpustakaan sebagai gudang ilmu dapat manfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.
Koleksi buku dan fasilitas internet merupakan salah satu daya pikat masyarakat untuk berkunjung di perpustakaan desa Teros ini sehingga semua pihak harus terus berupaya untuk mau mengembangkan perpustakaan desa ini.(uyik)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar